Kamis, 15 Oktober 2009

e - commerce

E-Commerce

E-commerce : commerce dengan mengeksploitasi media

elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi

desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan

media elektronik ini.

Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Per ama, Insfrastruktur system distribusi

(flow of good) kedua, Insfrastruktur pembayaran (flow of money) Dan Ketiga,

Infrastruktur system informasi (flow of information). Dalam hal kesiapan infrastruktur e-

commerce, kami percaya bahwa logistics follow trade, bahwa semua transaksi akan

diikuti oleh perpindahan barang dari sisi penjual kepada pembeli. Agar dapat

terintegrasinya system rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa

transportasi, hingga ke customer maka diperlukan integrasi enterprise system untuk

menciptakan supply chain visibility. Ada tiga factor yang patur dicermati oleh kita jika

(Deris Stiawan.)

Manfaat E-Commerce

  • Revenue stream baru
  • Market exposure, melebarkan jangkauan
  • Menurunkan biaya
  • Memperpendek waktu product cycle
  • Meningkatkan customer loyality
  • Meningkatkan value chain

(Budi Rahardjo http://budi.insan.co.id)

RUANG LINGKUP E-COMMERCE

ELECTRONIC BUSINESS, adalah lingkup aktivitas perdagangan secara

elektronik dalam arti luas.

ELECTRONIC COMMERCE, adalah lingkup perdagangan yang dilakukan

secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :

- Perdagangan via Internet (Internet Commerce)

- Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)

- Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik

(Electronic Data Interchange/EDI).

Secara e-commerce mampu menangani masalah berikut :

- OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses

manual.(“enterprise resource planning” concept)

- INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi

dan efektivitas proses. (“just in time” concept)

- PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan

jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)

- INTERAKSI,pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yangakan

meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)

- TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang

melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran.

(“electronic payment” concept)

(http://www.sentralweb.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar